Sejarah Karoseri Tentrem di Malang

Sejarah Karoseri Tentrem di Malang - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang Harga barang terbaru 2017 ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Sejarah Karoseri Tentrem di Malang, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sejarah Karoseri Tentrem di Malang, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sejarah Karoseri Tentrem di Malang
link : Sejarah Karoseri Tentrem di Malang

Baca juga


Sejarah Karoseri Tentrem di Malang


Sejarah Karoseri Tentrem di Malang. Malang, bisa dijuluki sebagai kota “industri” karoseri di Indonesia. Selain AdiPutro yang sangat terkenal saat ini, di malang ada nama lain yang juga sama – sama menguasai industri manufaktur body kendaraan khususnya bis. Iya inilah dia.. Tentrem. Hampir semua Peruasahaan Otobis di Indonesia menggunakan buah karya Karoseri yang sudah berdiri sejak medio 1980-an ini




Pembuatan Body Bus Tentrem
Kisah mulanya adalah dari PO Tentrem yang beroperasi di Kota Malang pada 1986, semula ini hanyalah bengkel maintenance bagi seluruh armada bus PO Tentrem kala itu.. dan pada 1988 PO yang dipimpin oleh Pak Tatang Wahyudi ini, Tentrem memutuskan untuk membuka bengkelnya ini kepada umum, tidak hanya untuk Internal PO Tentrem saja, mereka mulai melayani pembuatan, service dan maintenance body bus untuk seluruh pelanggannya dari berbagai perusahaan.
Jerih payah inipun semakin terlihat hasilnya kala Tentrem berhasil menerima sertifikat resmi dari Mercedes-Benz untuk standarisasi bus body builder di chassis Mercedes – Benz dan juga Tentrem menjadi Karoseri Pertama di Indonesia yang membangun body untuk chassis Scania K380iB.

Tentrem Jupiter
Varian – Varian karoseri tentrem juga banyak, salah satunya adalah Jupiter yang awal peluncurannya sempat mencuri perhatian dan bisa dibilang laris, Jupiter mengambil basis dari Mercedes-Benz New Travego kemudian tenar kembali di Indonesia oleh AdiPutro dengan membangun Travego – Marco – hingga Jetbus.

Scania Touring  ini body asli scania, bukan buatan karoseri Tentrem 







Nah ini Scorpion dari Tentrem
2da18-00912b-2bnpm2bvircansa2b05
pilar A dicat hitam sudah menjadi identitas
Varian lainnya yang menjadi ciri khas Tentrem adalah Scorpion Series, yang menjadi favorit dari beberapa PO diantaranya Bejeu dan Harapan Jaya. Scorpion mengambil basis dari Scania Touring yang sangat khas dengan “floating roof” nya.. terlihat bukan dari pilar A selalu dicat hitam.. di PO manapun selalu dicat hitam bagian pilar A ini.. untuk mensamarkan pilar body, dan membuat seolah atapnya melayang dan hanya ditopang oleh kaca jendela.. penulis suka ini.. Scorpion sendiri terbagi beberapa varian yaitu Scorpion X, Scorpion King dan Scorpion Kid untuk medium busnya.



PO Tentrem dengan body maxX
harjay scania
Harapan Jaya dengan body Scorpion X๐Ÿ™„

HarJay dengan body Galaxy๐Ÿ™„
Tentrem actor 2
Tentrem Actor, grillnya sangat khas begitu pula desain rear lampnya yang horizontal. Cocok untuk bus dengan Mesin Depan
Tentrem inspiro
Tentrem Inspiro, sekilas mengingatkan dengan Laksana Proteus bukan?






Baru dari Tentrem Avante dari Harapan jaya
Dan masih ada lagi beberapa seperti Varian Inspiro, Actor, Galaxy, MaxX, yang beredar. Model – model seperti ini lebih mudah ditemui di Jawa Tengah dan Timur, persebarannya memang belum seluas scorpion series yang sudah menyebar hingga kemana – mana. Kelebihan tentrem adalah kekedapan kabin yang dimiliki sangat baik (untuk bus AC terutama). Kini karoseri yang digawangi oleh Pak Tatang Wahyudi dan Putranya Pak Yohan Wahyudi ini terus berkembang dan berfokus dalam menambah kapasitas produksi guna tercapainya target dari Orderan para pelanggannya. Semoga artikel ringkas ini bermanfaat bagi kita semua, Telolet om....


Demikianlah Artikel Sejarah Karoseri Tentrem di Malang

Sekianlah artikel Sejarah Karoseri Tentrem di Malang kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: